Saturday 21 June 2014

Pengertian Tuberkulosis (TBC) dan Cara penularannya

Tuberkulosis atau yang sering kita dengar dengan nama TBC merupakan penyakit menular secara langsung yang disebabkan oleh kuman TBC (Mycobacterium tuberculosis). Sebagian kuman ini menyerang paru-paru, tetapi dapat juga mengenai organ tubuh lainnya. kuman ini berbentuk batang dan mempunyai sifat khusus yaitu tahan terhadap asam pada pewarnaan, maka dari itu disebut juga dengan basil tahan asam. kuman TBC cepat mati dengan sinar matahari langsung, tetapi dapat bertahan hidup beberapa jam di tempat yang gelap dan lembab, sedangkan dalam jaringan tubuh  kuman ini dapat dormant atau tertidur lama selama beberapa tahun. waw luar biasa sekali bukan,. jadi kita jangan menganggap enteng dengan kuman ini.

Cara penularannya
Penularan penyakit ini dapat terjadi bila penderita batuk atau bersin, jadi ketika penderita batuk atau bersin maka secara langsung penderita menyebarkan kuman tersebut kepada orang-orang di sekitarnya atau menyebarkan kuman tersebut ke udara dalam bentuk percikan-percikan, yang disebut droplet dan droplet tersebut mengandung kuman yang dapat bertahan beberapa jam di dalam suhu kamar, dan orang dapat terinfeksi TBC bial mengehirup atau pun terhirup droplet tersebut. setelah kuman tersebut masuk kedalam tubuh manusia melalui pernafasan kuman TBC tersebut dapat menyebar dari paru-paru kebagian tubuh lainnya, melalu sistem peredaran darah , sistem saluran limfe, saluran nafas atau penyebaran langsung ke bagian-bagian tubuh lainnya.
kemungkinan seseorang terinfeksi TBC ditentukan oleh konsentrasi droplet dlam udara dan lamanya menghirup udara tersebut.

No comments:

Post a Comment