Friday 13 June 2014

PENYAKIT JANTUNG KORONER



PENYAKIT JANTUNG KORONER
Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan penyakit jantung dan pembuluh darah karena terganggunya pembuluh jantung (arteri koronaria) yang tugasnya menyuplay kebutuhan darah ke otot-otot jantung. Penyakit jantung koroner merupakan penyakit nomer satu penyebab kematian didunia dan penyakit ini sangat berbahaya karena akan menimbulkan PJK relative lama (kronis).
Pada terjadinya serangan jantung dimana kerja jantung terhenti yang mengakibatkan gangguan peredaran darah yang menuju otot jantung sehingga otot jantung tidak menerima pasokan oksigen dan zat-zat makanan.
Penyakit jantung koroner adalah penyakit penyempitan pembuluh darah arteri koronaria yang memberi pasokan nutrisi dan oksigen ke otot-otot jantung, terutama ventrikel kiri memompa darah ke seluruh tubuh.
Penyakit jantung koroner terdiri dari:
1. Agina pectoris, gejalanya rasa sakit atau tidak enak, tertekan, terhimpit, tercekik, rasa panas seperti terbakar (didada selama 1-5 menit dapat sampai 15-20 menit) menjalar sampai leher, rahang dan tangan kiri, disebabkan suplay oksigen berkurang ke jaringan otot jantung.
2. Infark miokard akut (IMA) yaitu salah satu penyakit jantung koroner yang disebabkan adanya sumbatan akut pada pembuluh darah koroner. Mengakibatkan suplay darah sangat berkurang sehingga terjadi nekrosis / kematian otot jantung yang dapat mengakibatkan gagal jantung.
3. Suddent death, pada orang awam menyebutnya angin duduk, menyebabkan kematian mendadak.

PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG KORONER (PJK)
1. PJK ditimbulkan akibat kekakuan pembuluh darah, penyempitan lubang pembuluh darah karena tersumbat gumpalan benda asing, kolesterol/ gelembung udara
2. Trombosit, plak arteriosclerosis banyak mengandung lemak yang sifatnya rapuh. Plak dapat rontok apabila aliran darah deras disebabkan tensi tinggi. Plak yang rontok dapat meninggalkan alairan luka pada dinding pembuluh darah. Terjadi perdarahan di tempat tersebut.
3. Resistensi insulin dengan tanda- tanda kadar glukosa darah dan insulin tinggi.

Dan ada juga faktor-faktor lain yang menyebabkan PJK tersebut diantaranya adalah:'
A. Merokok , zat-zat racun dalam rokok yang masuk ke peredaran darah akakn masuk ke peredaran darah akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Racun nikotin dari rokok akan menyebabkan darah kmenjadi kental sehingga mendorong percepatan pembekuan darah karena agergasi platelet drai fibrinogen menigkat.
B. Kurangnya aktivitas fisik,
C. Stres, stres dan kecemasan mempengaruhi fungsi biologis tubuh. Pada saat sters memicu peningkatan tekanan darah dan terkadang disertai dengan kadar kolesterol darah. Sehingga orang yang mudah stres akan berisiko terkena PJK.

No comments:

Post a Comment