Friday 30 May 2014

HIPERTENSI / DARAH TINGGI

Hipertensi merupakan penyakit yang sering terjadi pada warga negara indonesia bahakan selurh manusia di dunia ini, namaun kebanyakan orang awan menyebut penyakit ini dengan "Darah Tinggi" dan menurut para ahli DARAH TINGGI / HYPERTENSION adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukan oleh angka systolic (bagian atas) dan bawah (diastolic) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah yang berupa cuff air raksa atau alat-alat canggih lainnya.
Penyakit darah tinggi merupakan suatu gangguan pada pembuluh darah dan jantung yang menegakibatkan suplai oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah terhambat sampai kejaringan tubuh yang membutuhkannya.
Berdasarkan etiologinya, hipertensi dibagi menjadi hipertensi primer dan sekunder. lebih dari 90% kasus hipertensi termasuk ke dalam kelompok ini, sedangkan prevalensi hipertensi sekunder hamir sekitar 5-8% dari seluruh penderita hipertensi.
Dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan penyebab dari dua jenis hipertensi tersebut.
- Penyebab dari hipertensi primer terdiri dari faktor genetik dan lingkungan, jadi untuk itu kita harus hati-hati. faktor keturunan dapata dilihat dari riwayat penyakit kardiovaskuler dalam keluargayang dapat berupa sensitivitas terhadap natrium, kepekaan terhadap stres, peningkatan reaktivitas vaskular dan resistansi insulin. sedangkan dari lingkungan hipertensi juga bisa disebabkan oleh mengkonsmsi garam yang berlebihan, stres psikis dan obesitas.

TANDA-TANDA DAN GEJALA HIPERTENSI
1. Pengelihatan kabur karena kerusakan retina
2. Nyeri pada kepala
3. Mual dan muntah akibat menigkatnya tekanan intra kranial
4. Edema dependent
5. Adanya pembengkakan karena meningkatnya tekanan kapiler.

DAMPAK DARI TEKANAN DARAH TINGGi
Orang yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi berpotensi juga akan terkena penyakit berikut.
1. Stroke
2. Serangan Jantung
3. Gagal ginjal
4. Kebutaan
5. Payah jantung

Demikian sedikit penjelasan mengenai penyakit yang mematikan ini semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua.
sumber: Ratna dewi pudiastuti (peyakit-penyakit mematikan)
makasih bu Ratna,.........

No comments:

Post a Comment