Friday 4 July 2014

PUBLIC RELATIONS (PR) ADALAH



Lembaga public relations di amerika serikat mengartikan public relations sebagai usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan timbal balik antara organisasi dan masyarakat.
Timbal balik yang disebutkan diatas menuntut penghargaan terhadap kekuatan dan kelemahan, peluang, sasaran, dan masalah-masalah yang dihadapi organisasi, juga menuntut pengakuan atau penerimaan terhadap kebutuhan setiap kelompok yang mempunyai kepentingan di dalamnya.

PERBEDAAN PR DAN IKLAN

Mungkin ada yang beranggapan iklan dan PR itu sama, pada hal itu sangat berbeda tapi mempunyai tujuan yang sama, yaitu sama-sama ingin menguntungkan perusahaan/organisasi.
dan saya juga akan menjabarkan perbedaan kedua hal tersebut. 
perbedaan antara public relations dan periklanan adalah suatu hal yang amat penting, tapi kerap dipahami secara keliru. periklanan bertujuan untuk menjangkau sebanyak mungkin orang dengan biaya yang serendah mungkin, sebaliknya public relation menggunakan sedikit orang, memakai pendekatan yang selektif dan merangkaikan pesan-pesan secara rinci untuk para pendengar yang telah ditentukan.
jika periklanan memusatkan perhatian pada pembeli atau calon pembeli maka pr memusatkan perhatian kepada kelompok-kelompok lain yang dalam jajaran yang lebih luas.
jadi jelas-jelas kedua hal tersebut dalam penerapannya sangat lah bertolak belakang atau berbeda.
so jangan disamakan lagi yah,...

No comments:

Post a Comment