Lembaga public relations di amerika serikat mengartikan
public relations sebagai usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan
sengaja, guna membangun dan mempertahankan timbal balik antara organisasi dan
masyarakat.
Timbal balik yang disebutkan diatas menuntut penghargaan
terhadap kekuatan dan kelemahan, peluang, sasaran, dan masalah-masalah yang
dihadapi organisasi, juga menuntut pengakuan atau penerimaan terhadap kebutuhan
setiap kelompok yang mempunyai kepentingan di dalamnya.
PERBEDAAN PR DAN IKLAN
Mungkin ada yang beranggapan iklan dan PR itu sama, pada hal itu sangat berbeda tapi mempunyai tujuan yang sama, yaitu sama-sama ingin menguntungkan perusahaan/organisasi.
dan saya juga akan menjabarkan perbedaan kedua hal tersebut.
perbedaan antara public relations dan periklanan adalah suatu hal yang amat penting, tapi kerap dipahami secara keliru. periklanan bertujuan untuk menjangkau sebanyak mungkin orang dengan biaya yang serendah mungkin, sebaliknya public relation menggunakan sedikit orang, memakai pendekatan yang selektif dan merangkaikan pesan-pesan secara rinci untuk para pendengar yang telah ditentukan.
jika periklanan memusatkan perhatian pada pembeli atau calon pembeli maka pr memusatkan perhatian kepada kelompok-kelompok lain yang dalam jajaran yang lebih luas.
jadi jelas-jelas kedua hal tersebut dalam penerapannya sangat lah bertolak belakang atau berbeda.
so jangan disamakan lagi yah,...
No comments:
Post a Comment